Alat yang dipakai untuk menyusun faktor-faktor strategis perusahaan adalah matriks SWOT atau disebut juga dengan matriks TOWS. Matriks ini dapat menggambarkan secara jelas bagaimana peluang dan ancaman eksternal yang dihadapi perusahaan dapat disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya. Matriks ini dapat menghasilkan empat set kemungkinan alternatif strategis

Perusahaan yang menerapkan strategi ini biasanya perusahaan yang kurang memiliki rencana strategik secara menyeluruh. Mereka hanya bereaksi terhadap perubahan lingkungan, dan hanya membuat penyesuaian strategis ketika didesak untuk melakukannya. Tidak mampu melakukan respon cepat terhadap perubahan lingkungan karena kapabilitas dan sumber daya yang kurang dikembangkan atau dieksploitasi secara benar.
–Woorank.  Esta web no solo realiza un diagnóstico del posicionamiento, sino que también ofrece prácticos consejos para mejorar el SEO de tu página. Woorank revisa la estimación del tráfico y su procedencia geográfica, la popularidad del sitio en redes sociales, la optimización móvil, los redireccionamientos, la existencia de un archivo robot.txt y un sitemap XML, el grado de optimización del título y la descripción de la web. También ofrece un diagnóstico de las imágenes, la consistencia en las keywords, los links in-page, la antigüedad del dominio y la usabilidad. 
3. Terakhir lakukan “in-field competition analysis” dengan melakukan telemarketing pada prospek dan menanyakan apakah mereka mengenal kompetitor kita, pernah menjalin hubungan bisnis dengan mereka, dan lain-lain. Dengan melakukan ini, kita juga melakukan prekualifikasi terhadap prospek potensial yang belum pernah menjalin bisnis dengan kompetitor kita, dan membuka peluang terjadinya penjualan. Sebagai tambahan, di saat kita berada di luar melakukan sales call, kita dapat melakukan cara yang sama saat berbicara dengan prospek dan dapat mengetahui apa yang mereka suka dan apa yang tidak mereka suka dari kompetitor kita. Kita dapat membuka peluang terjadinya penjualan dengan mengidentifikasi poin-poin differensiasi kita terhadap kompetitor.
Para policy-makers dari Eropa melihat atau menilai Amerika Serikat telah berhasil membentuk sebuah pasar homogen, yang ditujukan sebagai suatu defence system dalam menghadapi persaingan global barang dan jasa dengan tingkat harga yang sangat kompetitif di masa mendatang. Terbentuknya Uni Eropa dan uni-uni lainnya seperti Uni Afrika yang merupakan 'regionalisasi' dari negara-negara di Afrika, kemudian uni yang terdiri dari negara-negara Arab di Timur-Tengah, dan tak ketinggalan pula regionalisasi Asean, tampaknya sudah menjadi condition yang tidak bisa dihindari lagi pewujudannya. Dengan kata lain, persaingan global di masa mendatang akan merupakan persaingan antara uni-uni atau regional-regional tersebut, yang harus dihadapi oleh kesatuan 'pasar tunggalnya' masing-masing uni atau regional.
Tapi bener banget ini mas, klo setahu saya ecomerce bukan ngelink langsung ke produk falam cari backlinknya, tp lbh ke kategory produk, krna yang dioptimasi utama justru category nya… klo bagian detail produk lebih dioptimasi secara onpage saja, jd buat template halaman produk yg seo friednly, dari meta title dan deskripsi yg mengandung buying keyword kaya lazada atau tokped yang setting otomatis meta titlenya pakai kata “jual” di depannya

Setiap tindakan atau serangan yang kita lakukan, baik secara langsung ataupun tidak langsung akan menjadi perhatian pesaing. serangan yang kita lakukan akan menimbulkan reaksi dari pesaing-pesaing kita. Tindakan pesaing terhadap serangan yang kita lakukan ditanggapi secara beragam oleh pesaing, mulai langsung membalas, diam, berusaha mempelajari terlebih dahulu, baru melakukan serangan balasan. Perusahaan yang kuat biasanya langsung menyerang balik. Oleh karena itu, kita juga harus mempertimbangkan reaksi pesaing terhadap tindakan yang kita lakukan. jangan sampai serangan balik malah menjadi bumerang bagi strategi kita. Sebagai contoh, beberapa reaksi pesaing terhadap serangan

Dalam kasus ini, kita bisa melihat bahwa ecommerce diatas melakukan keyword mapping secara sempurna. Halaman yang ada di halaman pertama Google dari setiap ecommerce diatas merupakan halaman landing page, bukan langsung ke salah satu halaman produk. Hal ini dikarenakan ecommerce memiliki begitu banyak halaman dengan kata kunci jual sepatu kulit, dan tujuan merankingkan landing page adalah untuk membiarkan pengunjung memilih sepatu kulit sesuai pilihan mereka sendiri. Persis dengan yang dilakukan oleh liputan6.com, membiarkan pengunjung memilih berita yang ingin mereka baca.
Dikarenakan perubahan dunia yang begitu cepat maka produsen atau penjual dituntut untuk berpikir keras agar usahanya tidak hancur. Perubahan ini disebabkan pesatnya perumbuhan dan pekembangan teknologi baik teknologi mesin, atau alat berat, terlebih lagi teknologi komunikasi. Dengan perubahan dibidang teknologi ini, maka produk yang dihasilkan suatu produsen pun ikut berubah menjadi lebih berkualitas, lebih menarik dan kompetitif.
3. Fokus Analisa Pesaing  Business ◦ Meliput informasi yang diperlukan oleh Management puncak untuk menentukan arah dan strategi perusahaan, biasanya dalam bentuk SWOT  Marketing ◦ Berfokus pada strategi mengimbangi, menetralisir, dan/atau mengungguli kekuatan pesaing  Sales ◦ Mengenali kekuatan pesaing, potensi keberatan, dan strategi mengatasinya ◦ Mengenali kelemahan pesaing, kekuatan perusahaan yang berhubungan dengan kelemahan pesaing, dan cara menggunakannya untuk mengunci atau mengimbangi kekuatan
Kelihatannya mengidentifkasi pesaing adalah tugas perusahan yang sederhana, Coca- Cola tahu bahwa Pepsi Cola adalah pesaing utamanya, dan Sony tahu bahwa Matshushita adalah pesaing utamanya. Namun cakupan pesaing actual dan potensial perusahaan sebenarnya jauh lebih luas. Perusahaan lebih mungkin untuk dikalahkan oleh pesaingnya yang baru muncul atau oleh teknologi baru, dibandingkan oleh pesaingnya saat ini.

Yang dilihat oleh penjual bukannya harga pokok atau permintaan pasar terlebih dahulu, melainkan berapakah harga yang ditetapkan oleh pesaingnya. Ada dua cara yang dapat ditempuh, ialah "going rate pricing" dan "sealed bid pricing". Going rate pricing ialah mengikuti saja harga yang sedang berlaku yang dipasang oleh pesaingnya. Cara ini disebut pula "imitative pricing", artinya tinggal meniru saja. Sealed bid pricing, ialah harga yang ditetapkan lebih rendah daripada yang ditawarkan /ditetapkan oleh pesaingnya. Yang terakhir ini banyak berlaku dalam kontrak-kontrak borongan pekerjaan.
Semua orangtua tahu betul dengan perkembangan anak masa balita yang sangat pesat dan jarang sekali ada keperluan balita yang bertahan dipakai hingga tahunan. Car seat, misalnya, ada ukurannya dan masa pakainya terbilang singkat, begitu juga kereta dorong bayi (stroller). Umumnya kualitas produk yang digunakan masih sangat baik walaupun masa pemakaiannya sudah lewat, dan sering barang-barang tersebut menumpuk di lemari atau gudang, tak terpakai.
Jika menyangkut beriklan di Google Ads, pertimbangkan pepatah dunia properti: "Lokasi, lokasi, lokasi!" Terlepas dari seberapa hebat iklan Anda, iklan tersebut mungkin tidak akan berperforma baik bila tidak ditampilkan pada lokasi yang tepat. Jangkau pelanggan Anda di mana pun mereka berada dan di lokasi yang dilayani bisnis Anda menggunakan penargetan lokasi Google Ads. Anda dapat menetapkan, kemudian menyesuaikan setelan penargetan lokasi kapan saja.
Tapi bener banget ini mas, klo setahu saya ecomerce bukan ngelink langsung ke produk falam cari backlinknya, tp lbh ke kategory produk, krna yang dioptimasi utama justru category nya… klo bagian detail produk lebih dioptimasi secara onpage saja, jd buat template halaman produk yg seo friednly, dari meta title dan deskripsi yg mengandung buying keyword kaya lazada atau tokped yang setting otomatis meta titlenya pakai kata “jual” di depannya
Makassar city, as a capital of South Sulawesi Province, has potential natural resources with its moderately sloped sandy beach, from north to south. The aims of this research is to identify the potential of oastal tourism in makassar city using GIS spatial analysis. The methods which is used in this study is spatial analysis using GIS. The result hows that Makassar coastal divided into three types, these are: (1) sandy beach, (2) mangrove beach and (3) reclamation beach. Those kind of beaches can be recommended for some tourism activities such as: (1) sandy beach: snorkeling, beach sport, beach volley ball and beach football, beach picnic, swimming, sun bathing, surfing, (2) mangrove beach: field study and (3) reclamation beach: fishing, walking and jogging on beach.Makassar city, as a capital of South Sulawesi Province, has potential natural resources with its moderately sloped sandy beach, from north to south. The aims of this research is to identify the potential of oastal tourism in makassar city using GIS spatial analysis. The methods which is used in this study is spatial analysis using GIS. The result hows that Makassar coastal divided into three types, these are: (1) sandy beach, (2) mangrove beach and (3) reclamation beach. Those kind of beaches can be recommended for some tourism activities such as: (1) sandy beach: snorkeling, beach sport, beach volley ball and beach football, beach picnic, swimming, sun bathing, surfing, (2) mangrove beach: field study and (3) reclamation beach: fishing, walking and jogging on beach.
Kedua bergerak dinamis dengan melakukan investasi alat atau mesin baru yang pasti mempunyai tingkat efisiensi, produktifitas dan fleksibilitas tinggi. Dengan kata lain bisnis harus selalu tumbuh karena kalau tidak akan mati, bila bisnis anda tidak tumbuh dari tahun ketahun maka bisnis tersebut sebetulnya sekarat sebab pesaing sudah dan sedang mencuri order cetak anda, mengingat pasar eknonomi Indonesia tumbuh dengan tingkat 6.5%.

Setiap tindakan atau serangan yang kita lakukan, baik secara langsung ataupun tidak langsung akan menjadi perhatian pesaing. serangan yang kita lakukan akan menimbulkan reaksi dari pesaing-pesaing kita. Tindakan pesaing terhadap serangan yang kita lakukan ditanggapi secara beragam oleh pesaing, mulai langsung membalas, diam, berusaha mempelajari terlebih dahulu, baru melakukan serangan balasan. Perusahaan yang kuat biasanya langsung menyerang balik. Oleh karena itu, kita juga harus mempertimbangkan reaksi pesaing terhadap tindakan yang kita lakukan. jangan sampai serangan balik malah menjadi bumerang bagi strategi kita. Sebagai contoh, beberapa reaksi pesaing terhadap serangan yang dilakukan adalah sebagai berikut:


Untuk mengetahui jumlah dan jenis pesaing Beserta kekuatan dan kelemahan yang mereka miliki, perusahaan perlu membuat peta persaingan yang lengkap. Pembuatan peta persaingan yang digunakan untuk melakukan analisis pesaing memerlukan langkah-langkah yang tepat. Langkah-langkah ini perlu dilakukan agar analisis pesaing tepat sasaran dan tidak salah arah. Langkah yang pertama yang perlu dilakukan perusahaan adalah dengan Identifikasi seluruh pesaing yang ada. Langkah ini perlu dilakukan agar kita mengetahui secara utuh kondisi pesaing kita. Dengan demikian, memudahkan kita untuk menetapkan langkah selanjutnya.[3]
Dalam menetapkan harga dengan orientasi pada harga pokok seorang pengusaha selalu menanyakan terlebih dulu berapa harga pokok (biaya pembuatan/harga-beli)-nya baru kemudian menetapkan harga jualnya. Misalnya harga jual ditetapkan dengan menambah sekian rupiah atau sekian persen dari harga pokok, tanpa memperhatikan apakah dapat terjangkau atau tidak oleh pembelinya. Orientasi pada harga pokok ini dapat disebut "markup pricing" dan "cost-plus pricing". Istilah markup pricing digunakan bagi para retailer atau wholesaler (distributor) untuk barang dagangannya yang dibeli untuk dijual, sedangkan cost plus pricing digunakan oleh pabrikan, yang membuat barang untuk dijual. Di samping itu digunakan pula istilah "target pricing" oleh pabrikan yang membuat barangnya, apabila harga yang ditetapkan itu dimaksudkan untuk mencapai "rate of return" atas dasar biaya total yang dikeluarkan.
Sebelum membahas tentang analisis pasar, alangkah baiknya untuk mengetahui sedikit gambaran tentang orientasi pasar. Orientasi pasar secara umum ada dua jenis. Pertama untuk memenuhi kebutuhan atau market driven. Contohnya kebutuhan sehari-hari akan berita, kirim pesan, dll. Kedua cenderung mengedukasi pasar atau menciptakan pasar, market driving. Sebagai contoh, dahulu orang tidak membutuhkan teknologi 3G dan video call, tetapi dengan edukasi produk kini sudah menjadi kebutuhan. Sebuah produk tentunya bisa memilih antara keduanya, atau gabungan antara keduanya. Orientasi market driving lebih cocok untuk untuk dunia internet. Kata kuncinya adalah inovasi. Bagaimana membangun inovasi dengan menciptakan ceruk pasar sendiri yang bersifat niche.
Jakcson terdapat delapan profil tentang perilaku peran yang diperlukan dari sumber daya manusia (karyawan) dalam mendukung implementasi strategi peningkatan kualitas produk jasa. Profil tersebut diantaranya adalah : perilaku yang bersifat repetitive dan predictable, fokus jangka panjang atau menengah, derajat perilaku interdependen cooperative yang moderat, perhatian yang tinggi terhadap kualitas, derajat perhatian yang moderat pada kuantitas, perhatian yang tinggi pada proses, aktifitas yang tidak berisiko, komitmen terhadap tujuan perusahaan. Peningkatan kualitas produk atau jasa seringkali merupakan perubahan sebuah proses produksi yang mensyaratkan karyawan menjadi lebih fleksible dan terlibat dalam proses produksi.
- Perencanaan produk, mencakup semua kegiatan produsen dan penyalur untuk menentukan susunan product line, sehingga konsumen akan bisa membedakan produk yang satu dengan lain nya. Maksudnya perusahaan akan selalu bisa mengikuti perkembangan pasar, barang yang ditawarkan harus disempurnakan sebelum mengadakan perubahan barang, informasi ini perk dikumpulkan melalui riset pasar.
Dalam usaha untuk mencapai tujuan dan sasaran perusahaan dibidang pemasaran, setiap perusahaan melakukan kegiatan penyaluran. Penyaluran merupakan kegiatan penyampaian produk ke tangan konsumen atau si pemakai pada waktu yang tepat. Yang dimaksud dengan saluran distribusi adalah lembaga-lembaga yang memasarkan produk berupa barang atau jasa dari produsen sampai ke konsumen. Bentuk pola saluran distribusi dapat dibedakan menjadi:

Perusahaan-perusahaan yang menempati urutan kedua, ketiga atau yang lebih rendah lagi dalam suatu industri, biasa disebut “runner-up” atau “penyusul” (trailing firm). Perusahaan runner-up ini bisa memilih salah satu dari dua penampilan. Mereka dapat menyerang market leader dan pesaing-pesaing lainnya dalam suatu usaha yang gencar merebut pangsa pasar, perusahaan inilah yang dinamakan penantang pasar atau Market Challenger. Atau mereka dapat memilih bersikap “nrimo”, tidak menggoncangkan pasar dan disebut “Market Follower”.
Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan di pasar atribut seperti : warna, bungkus, prestise perusahaan serta pelayanan perusahan yang dibeli konsumen untuk dapat memberikan pemuas kebutuhannya. Usaha perusahan untuk menciptakan produk yang bisa memberikan kepuasan kepada konsumen, kepuasan ini dapat diciptakan dengan berbagai strategi yang telah diputuskan perusahan sebagai usaha untuk mempertahankan kelangsungan operasionalnya dalam jangka panjang. Usaha-usaha tersebut antara lain :
Luas pasar bagi perusahaan tidak selalu berarti penjumlahan seluruh populasi penduduk. Populasi penduduk tidak selalu berarti populasi pasar. Populasi pasar (Market population) atau sering disebut sebagai potensial pasar adalah keseluruhan permintaan terhadap produk tertentu pada wilayah dan periode waktu yang berbeda pula. Tidak semua potensi permintaan tersebut mampu dicapai (accesable) atau dilayani oleh industri produk tertentu (keseluruhan perusahaan sejenis). Dan juga tidak semua total pasar tersebut sesuai dengan kapasitas total perusahaan maupun tujuan perusahaan, bagi pasar potensial ini merupakan bagian pasar yang tersedia (available market) bagi perusahaan. Dari potensi pasar yang tersedia tidak semua permintaannya dapat dipenuhi oleh perusahaan produk tertentu karena diperlukan beberapa persyaratan tertentu, misalnya kualitas produk. Sehingga perlu dibedakan lagi pasar yang tersedia dan sekaligus juga memenuhi persyaratan (qualified available market) tertentu. Meskipun demikian, bagian pasar yang tersedia tersebut itupun masih pula diperebutkan oleh pesaing-pesaing perusahaan. Sehingga dapat terjadi, bagian pasar yang dilayani (served marked) perusahaan akan menjadi kecil. Dan juga tidak semua bagian pasar yang dilayani akan menjadikan sasaran (target) pasar bagi perusahaan sesuai dengan kemampuan maupun tujuan perusahaan. Bagi pasar (target market) yang akan dilayani perusahaan adalah sasaran yang merupakan rencana penguasaan pasar. Akan tetapi dalam realisasi, dapat terjadi penguasaan pasar yang dicapai dapat lebih rendah dari rencana. Bagian pasar yang dapat dikuasai adalah pasar actual yang direalisir. Bagian ini bila dibandingkan dengan pasar yang dapat dipenuhi oleh keseluruhan industri adalah kemampuan penguasaan perusahaan atas pasar (market share).

5. Cognitive SEO. Explora los enlaces entrantes a la web y realiza un pequeño diagnóstico: número de enlaces y procedencia, tipología (dofollow o nofollow), autoridad del sitio, volumen de links ganados y perdidos, anchor text, páginas que enlazan… La versión gratuita sólo ofrece un ranking limitado de origen de links, principales páginas enlazadas y anchor text más relevantes, pero sirve para tener una valoración general de la página.
Bagian pasar yang mampu dikuasai oleh perusahaan apabila dibandingkan dengan penjualan seluruh industrinya (total penjualan perusahaan yang sejenis) dikenal sebagai Market Share. Sehingga dapat dikatakan bahwa market share merupakan proporsi kemampuan perusahaan terhadap keseluruhan penjualan seluruh pesaing, termasuk penjualan perusahaan itu sendiri. Tingkat market share ditunjukan dan dinyatakan dalam angka prosentase. Atas dasar angka tersebut dapat diketahui kedudukan perusahaan dan juga kedudukan pesaing-pesaingnya dipasar. Sehingga seringkali tingkat market share dapat dipergunakan dalam pedoman atau standart keberhasilan pemasaran perusahaan dalam kedudukannya dengan pesaing-pesaingnya. Market-Share yang merupakan indikator perusahaan yang mampu menjelaskan tentang :
Jika sasarannya untuk memperbesar pasar, kita perlu mengetahui apakah pertumbuhan market share yang dimiliki cukup besar. Biasanya meningkatkan market share dapat dilakukan dengan promosi yang cukup gencar dengan diimbangi pembukaan cabang baru yang gencar pula. Peningkatan market share juga dapat dilakukan dengan cara penurunan harga, mengingat mereka memiliki biaya operasional yang relatif lebih rendah. Hal yang juga perlu diselidiki adalah bahwa peningkatan market share dapat pula dilakukan dengan cara mengambil market share pesaing lainnya.
Yang dilihat oleh penjual bukannya harga pokok atau permintaan pasar terlebih dahulu, melainkan berapakah harga yang ditetapkan oleh pesaingnya. Ada dua cara yang dapat ditempuh, ialah "going rate pricing" dan "sealed bid pricing". Going rate pricing ialah mengikuti saja harga yang sedang berlaku yang dipasang oleh pesaingnya. Cara ini disebut pula "imitative pricing", artinya tinggal meniru saja. Sealed bid pricing, ialah harga yang ditetapkan lebih rendah daripada yang ditawarkan /ditetapkan oleh pesaingnya. Yang terakhir ini banyak berlaku dalam kontrak-kontrak borongan pekerjaan.
Cara mengidentifikasi pesaing yaitu dengan mengetahui secara jelas apa jenis produk yang ditawarkan oleh pesaing, melihat besarnya pasar yang dikuasai(market share) pesaing melalui segmen pasar yang akan dimasuki. Selain itu juga berusaha untuk memasuki dan mengusahakan untuk menciptakan peluang baru yang sebesar-besarnya serta mencari tahu keunggulan dan kelemahan yang dimiliki pesaing.
Usando nuestros consejos para arreglar errores e intentar hacer su página ideal en lo que respecta a SEO web. Preste atención, ya que recibirá resultados para una página exactamente, no un análisis de la web entera. Así que, probablemente, usted tendrá que hacer muchos cambios en todo el sitio, comprobar SEO en cada página y así aumentar su calificación SEO.
×